Cara Membuat Blog Gratis di WordPress

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress: Membuat Blog Gratis di WordPress bisa dijadikan media pembelajaran bagi kita sebelum kita mempunyai website sendiri. Dengan membuat blog gratis di wordpress kita bisa belajar memahami cara kerja CMS WordPress, baik penggunaan secara umum maupun pengaturan lain yang lebih detail dan spesifik.
Sebelum Membuat Blog Gratis di WordPress, akan ada baiknya kita membuat catatan kecil yang akan kita jadikan acuan belajar membuat website. Catatan kecil yang kita buat bisa berisi tentang, konten apa saja yang akan kita masukan nantinya ke dalam website kita. Misalnya, apa tujuan kita membuat website dan siapa sasaran website kita nantinya. Tujuan membuat catatan kecil ini agar kita tidak keluar dari konsep belajar membuat website.

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress

Baik, kita lanjutkan dengan Cara Membuat Blog Gratis di WordPress.

  1. Buka url: http://wordpress.com/
    Kemudian kita pilih menu Sign Up
    Setelah diisikan semua form yang ada di halaman register, pilih menu Free atau Create Blog

    Keterangan form di menu register blog:
    • Blog Address
      Blog address ini yang nantinya akan menjadi nama situs blog wordpress kita.
    • Username
      Username ini nantinya yang akan kita gunakan sebagai user login ke blog wordpress.com.
    • Password
      Isikan dengan password yang menurut Anda aman. Semakin banyak digit dan variasi karakter yang anda masukkan semakin bagus pula keamanannya.
    • Confirm
      Diisi dengan password anda sekali lagi
    • E‐mail  Adrress
      Masukkan alamat email Anda dan aktivasi wordpress Anda akan dikirimkan ke alamat email ini.
    • Language
      pilih  en‐English, bahasa ini akan digunakan saat kita menulis isi situs blog.
  2. Kemudian kita akan mendapatkan email konfirmasi dari wordpress.com, klik pada menu Activate Blog

 

Menu Dashboard Blog Gratis di WordPress

Dashboard Blog Gratis di Wordrpress merupakan menu pertama pada halaman Administrasi area. Segala sesuatu yang berhubungan dengan blog kita, baik yang di WordPress.Com maupun blog yang kita install sendiri di server hosting kita, dilakukan melalui Dashboard ini.  Untuk masuk ke dalam dashboard blog WordPress yang kita miliki, yang mula-mula harus kita lakukan adalah mengakses halaman utama Dashboard tersebut, yang berada pada sub-direktori wp-admin dari direktori dimana blog kita terinstall.
Contoh: http://luthfisy.wordpress.com/wp-admin


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bikin website gratis, Beberapa fungsi menu dashboard

  • Menu Posts
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan post atau artikel. Mulai dari pembuatan artikel baru, modifikasi artikel lama, hingga pembuatan kategori artikel.
  • Menu Media
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan perpustakaan media (gambar, film, suara) yang kita unggah ke blog.
  • Menu Links
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan blogroll atau daftar tautan ke situs lain. Daftar tautan ini nantinya dapat kita tampilkan di blog kita dengan menggunakan Widget. Fungsi-fungsi yang ada antara lain fungsi penambahan tautan baru, modifikasi tautan yang sudah ada, serta pembuatan kategori tautan.
  • Menu Pages
    Pada dasarnya, Page hampir sama dengan Post, yaitu sama-sama merupakan artikel. Untuk perbedaannya dapat dibaca lebih detil pada sub-bab berikutnya. Di bagian ini Anda dapat melakukan pembuatan page baru serta modifikasi page lama.
  • Menu Comments
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan komentar, khususnya modifikasi komentar yang ada serta moderasi atau penandaan spam pada komentar yang masuk.
  • Menu Appearance
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan theme Blog Gratis di WordPress.
  • Menu Plugins
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan plugin WordPress
  • Menu Users
    Menu ini berisi fungsi-fungsi yang berhubungan dengan user atau pengguna blog WordPress Anda. Anda bisa saja mengatur supaya ada lebih dari satu orang yang memiliki akses internal terhadap blog Anda. Dengan demikian, WordPress memungkinkan dibuatnya blog yang sifat manajemennya ko-operatif, seperti misalnya blog untuk perusahaan, sekolah, dan sebagainya.
  • Menu Settings
    Menu ini berisi fungsi-fungsi pengaturan Blog Gratis di Wordpress yang kita miliki.
  • Menu Tools
    Menu ini berisi fungsi-fungsi tambahan yang disediakan oleh WordPress, termasuk di antaranya untuk melakukan backup terhadap data blog kita.

Demikian Cara Membuat Blog Gratis di WordPress, Silahkan dicoba satu persatu. Masih banyak menu yang bisa kita maksimalkan fungsinya untuk memaksimalkan blog kita selain cara-cara di artikel Cara Membuat Blog Gratis di WordPress ini.

There are 2 comments for this article
  1. rheiz at 4:13 am


    mantap gan infonya tapi, kalau ingin buat webgratis dan mudah mending di http://www.webcom.co aja cz disana langsung dibuatkan secara manual oleh administratornya. terus dah optimasi SEO dan index google… hehehe
    sekedar info aja. sorry kepanjangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*