Tips Memulai Bisnis Online di Internet

Tips Memulai Bisnis Online di Internet

Tips Memulai Bisnis Online di Internet: Bisnis online di internet memang sangat menarik, banyak diminati dan menguntungkan. Betapa tidak? Dengan internet kita tidak perlu bekerja di luar rumah, waktu bekerja kita banyak dihabiskan di depan komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet. Artikel tentang Tips Memulai Bisnis Online di Internet banyak sekali kita jumpai di internet. Pertanyaannya sekarang, peluang usaha online di internet yang seperti apa yang dapat memberikan keuntungan? Berapa modal yang harus kita keluarkan untuk membuka peluang usaha online di internet? Piranti atau alat apa saja yang kita butuhkan untuk memulai bisnis online?

Di artikel saya kali ini mungkin tidak semua pertanyaan tersebut akan terjawab, tetapi setidaknya bisa memberikan satu gambaran bagaimana langkah memulai bisnis online di internet.

Kalau kita sudah mempunyai suatu usaha yang sudah berjalan dan dilakukan secara offline atau tidak menggunakan internet, maka kita tidak begitu membutuhkan research produk di internet. Untuk mengembangkannya kita tinggal membangun sebuah website atau blog untuk memasarkan produk kita tersebut di internet, yang kita lakukan lebih difokuskan kepada penguatan produk agar lebih dikenal di internet dan mempunyai pasar yang lebih spesifik. Lain lagi kalau kita sama sekali tidak mempunyai usaha, memang kita berangkat dari nol untuk terjun dan mencari peluang usaha di internet, untuk yang seperti ini kita memerlukan usaha dan persiapan yang tidak singkat. Perlu kesabaran, keuletan, sabar dan tawaqal. Hehehe…

Apa yang membuat kita memasarkan barang di internet?

Hampir semua barang bisa dijual online di internet. Bahkan barang yang dijual di online bisa lebih baik dari pada yang lain. Mari kita amati kenapa produk atau barang yang dijual secara online mempunyai nilai lebih.

  1. Harga
    Banyak kita jumpai, harga barang yang dijual online lebih murah dibandingkan dengan harga barang yang kita jumpai di toko yang terdekat dengan tempat kita. Relatif memang, tetapi pada kenyataannya memang banyak kita jumpai, kualitas dan ragamnya juga lebih banyak.
  2. Ketersediaan yang terbatas
    Barang yang terbatas berarti menguntungkan, berarti semakin banyak pembeli dan tidak banyak kompetitor
  3. Informasi produk yang lebih baik
    Informasi produk yang dipasarkan di internet umumnya lebih baik dan lengkap. Alasan ini mungkin saja, bagaimana pengunjung akan membeli produk yang kita jual kalau informasinya sangat minim

Metode Kemasan

Metode kemasan tentunya disesuaikan dengan produk yang kita jual. Kalau kita menjual barang yang tergolong ringan seperti baju, maka kemasan yang kita pergunakan cukup dengan kertas kado atau dus yang ketebalannya tidak terlalu menghabiskan biaya pengiriman. Lain lagi kalau barang yang kita jual berupa barang yang agak berat dan berharga, kita akan mengemas barang yang kita kirim tersebut dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dari kemasan ini kita akan mengetahui kira-kira berapa biaya yang harus dibebankan kepada pembeli nantinya.

Metode Pembayaran

Sudah pasti, metode pembayaran yang kita berikan dalam proses penjualan di internet online adalah transfer antar bank atau bisa juga dengan pembayaran melalui Paypal. Harus punya rekening bank, minimal yang wajib punya adalah BCA dan Mandiri.

Metode Pengiriman Barang

Metode Pengiriman Barang ini tentu saja perlu kita perhitungkan sebelum memulai Bisnis online di internet. Akan tetapi kalau sudah berbicara tentang Bisnis Online, maka semua aktivitas jual beli dan pengiriman barang juga akan dilakukan secara online. Maksudnya di sini adalah, kita tidak perlu melakukan pengiriman langsung, di mana barang diantarkan ke pembeli, tetapi kita cukup menitipkan barang kita kepada jasa pengiriman barang, contohnya POS Indonesia, Tiki, JNE, FedEx, dll. Jangankan pengiriman ke luar kota, sesama kotapun kita tetap menggunakan jasa tersebut.

Dari metode yang kita rencanakan tersebut, nantinya akan kita dapatkan harga total yang dibebankan kepada pembeli. Kesimpulannya, dari harga barang, kemasan barang, pengiriman barang (berat barang yang harus dibayar), kita dapatkan total harga.
Satu lagi yang terkadang kita anggap sepele, kalau memungkinkan kita sisipkan kartu nama kita pada setiap barang yang kita kirim ke pembeli. Artikel tentang kartu nama, silahkan baca di Membuat Kartu Nama dan download kartu nama.
Semua dilakukan secara online bukan? Nantinya kita akan membahas tentang apa saja alat yang dipergunakan untuk Bisnis Online di Internet, terutama aplikasi toko online yang akan kita pergunakan. Semoga bermanfaat artikel Tips Memulai Bisnis Online di Internet ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*