Tips design toko online dan Implementasinya

Tips design toko online dan Implementasinya

Tips design toko online dari beberapa macam software ecommerce atau toko online, yang bisa kita terapkan dalam pembuatan design toko online. Kalaupun dari toko online kita sudah menerapkan tips design toko online ini, minimal tips yang saya tulis ini bisa mengingatkan kita kembali, paling tidak buat saya pribadi.

  1. Tampilkan produk berupa gambar (thumbnail) dalam keranjang belanja, tujuannya adalah agar pembeli dapat dengan mudah mengingat dan mengetahui barang apa saja yang telah dipesan, sebelum melakukan proses pemesanan atau pembayaran.
  2. Selalu menampilkan produk terkait, produk yang relevan dengan produk utama yang sedang ditampilkan. Biasanya produk terkait berada di bawah atau disamping dari produk utama tersebut.
  3. Cantumkan metode pembayaran yang jelas dan akurat. Saran saya, pergunakan Rekening Bank yang sudah familiar dan dekat dengan online marketer (shopping online) di Indonesia, seperti Bank BCA atau Bank Mandiri. Untuk pencantuman nomer rekening ini, akan lebih baik lagi kalau kita cantumkan alamat kontak seperti nomer telpon, email, bahkan bila perlu alamat toko offline kita. Tujuannya agar calon pembeli merasa yakin berbelanja aman di tempat kita.
  4. Cantumkan “live chat” di website toko online kita. Live Chat disini bisa kita cantumkan status icon Yahoo Messenger kita. Siapa tahu, pembeli akan menanyakan sesuatu yang berkaitan dengan produk yang akan dibeli. Seandainya kita tidak mencantumkan “live chat” kita juga bisa memfasilitasi pembeli dengan mencantumkan form kontak. Kalau kita amati, seiring dengan perkembangan lifestyle, salah satu alternatif untuk menggantikan kontak form di toko online adalah dengan mencantumkan PIN BB, dan terbukti sangat membantu dalam proses penjualan barang di toko online kita.
  5. WishList, atau bisa diartikan dengan “bandingkan”. Menu ini juga dapat dijadikan tambahan dalam pembuatan toko online kita. Dengan mengklik menu whishlist ini pembeli akan merasa dibantu untuk membandingkan beberapa barang yang dipilih dengan barang yang lain.

Selanjutnya, dari tips design toko online ini tinggal bagaimana kita memilih beberapa software toko online gratis yang bisa kita pergunakan, seperti Opencart, Prestashop, ZenCart, dll. Semua software ecommerce toko online tersebut pada intinya sama, dari proses updating sampai dengan pengiriman barang. Tergantung bagaimana kita mempertahankan, mudah-mudahan beberapa tips design toko online ini bisa dijadikan referensi dan bisa kita pergunakan untuk diimplementasikan. Bahkan dari self hosting ataupun website toko online gratis pun kita bisa memanfaatkan untuk membuat toko online. Saya lebih merekomendasikan blogspot untuk membuat toko online gratis. Intinya, blogspot adalah milik Google. Dari segi SEO, dengan merubah sedikit source blogspot sebagai syarat terpenuhinya SEO dan friendly search engine, blogspot sudah sangat bisa mendongkrak SEO website toko online untuk bisa meningkatkan pengunjung.

Tips design toko online dan penerapannya

Beberapa tips design toko online yang sudah saya terapkan bisa dilihat di demo website toko online:

  • Kios UKMCerdas, menggunakan Opencart, demo klik di sini.
  • Toko Online Baju Anak Branded NikiTuku.com, menggunakan Opencart, demo klik di sini.
  • Butik UKMCerdas, menggunakan UKMShop Ver. 1.2. Fasilitas tambahan yaitu dapat mencantumkan iklan adsense, demo klik di sini.
  • Toko UKMCerdas, menggunakan UKMShop Ver. 1.3. Fasilitas iklan adsense dihilangkan, demo klik di sini.

Dari beberapa tips design toko online yang saya terapkan tersebut, 2 adalah dengan menggunakan self hosting dan 2 lagi menggunakan hosting gratis (toko online gratis) dengan menggunakan blogspot. Kalau kita lihat di halaman muka, sepertinya tidak ada perbedaan yang berarti bukan? Tetapi tentunya ada. Dari segi fasilitas laporan (report) aktivitas penjualan, Software Online Ecommerce jauh lebih lengkap. Akan tetapi kalau kita hanya akan menampilkan katalog produk toko online, pilihan blogspot sebagai katalog toko online gratis dengan tips design toko online yang sedikit ini, kiranya sudah cukup untuk memfasilitasi toko online kita. Masih penasaran dengan tips design toko online sampai pada proses implementasi ke blogspot atau opencart? Silahkan hubungi saya, bisa mention di twitter, Google+, pin BB atau fast respone melalui SMS? Monggo saya layani untuk berkonsultasi dan menerapkan tips design toko online ini.

There is 1 comment for this article

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>