Tahapan membuat website online

Tahapan membuat website online

Tahapan Membuat website online itu mudah, apalagi sekarang banyak sekali web hosting yang menyediakan pelayanan website gratis yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis internet marketing seperti WordPress dan Blogger. Dengan modal koneksi internet dan email kita bisa dengan mudah membuat website online. Akan tetapi maintenance website yang kita kadang malas, atau waktu kita yang sudah overload dengan pekerjaan di kantor. Baik, mungkin itu alasan kita tidak bisa rutin update website, tetapi kali ini kita akan lanjut saja membahas tahapan membuat website online.

Hal yang mendasar dalam persiapan membuat website online

Website seperti apa yang Anda inginkan
Hal ini berkaitan dengan skenario kita dalam tujuannya membuat sebuah website, yaitu apakah website kita nantinya merupakan website statis atau dinamis. Statis berarti website kita merupakan website yang berisi halaman statis dan tidak memiliki sistem updating.
Contohnya: website profile dan website corporate. Dinamis berarti website kita merupakan website yang dapat update atau berubah kontent atau isinya sewaktu-waktu. Sudah tentu website ini mempunyai sebuah sistem untuk melalukan proses updating kontentnya. Contoh: blog, portal, social network.

Tahapan membuat website online

Dalam tahapan membuat website online ini akan lebih baik kalau kita membuat kerangka atau konsep website yang akan kita bangun.

  1. Proses Non Teknis
    Membuat konsep website:
    – Tujuan : profil, berita, hobi, diary, personal?
    – Sasaran : target audience website
    – Penanggung jawab/maintainer (siapa yang menangani hal teknis? siapa yang menangani konten? siapa yang menjadi humas?
    – Update : tiap hari? periodik? kasuistik?
  2. Proses Teknis
  • Mockup (desain awal) : dilakukan dengan software pengolah grafis (CorelDraw, The GIMP, Photoshop, dll
  • CMS (membuat, atau membeli, atau menggunakan yang gratis? (joomla, drupal, wordpress?)
  • Programming (core programming (PHP, MySQL, JSP, dll), desain programming (theming/templating) : XHTML, CSS, XML dan JavaScript)
  • Quality Control

Informasi yang disajikan website online

Informasi yang akan kita sajikan kaintannya dengan pilihan niche yang akan kita masukan di website, misalkan informasi website berupa:

1. Berita
2. Artikel
3. Forum
4. Blog
5. Album Foto
6. Website Jual Beli (Ecommerce)

Audience Website (Sasaran Audience Website)

Konsep sasaran website ini nantinya akan menjadikan website kita terfokus kepada satu hal saja. Contohnya kalangan akademisi (dosen, guru, mahasiswa), orang tua, investor, wisatawan, umum, agama, politik.

Dari artikel tahapan membuat website online tersebut, ada satu yang terlewat. Jangan lupa melakukan research keyword, kita bisa menggunakan Google keyword tool untuk membantu kita dalam melakukan research keyword. Kalau website sudah dibangun, baru kita mendaftarkan website kita di Google Adsense. Tentang Google Adsense bisa dilihat di artikel cara meningkatkan pendapatan Adsense. Ok, sementara itu dulu, semoga bisa membantu dan terstruktur dengan baik flowcart tahapan membuat website online yang akan Anda buat.

There is 1 comment for this article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*