Cara menghemat kapasitas web hosting

Cara menghemat kapasitas web hosting

Cara menghemat kapasitas web hosting ini bisa diterapkan jika self hosting kita berkapasitas kecil, misalkan 100 MB. Pertama kita install aplikasi WordPress atau Joomla untuk keperluan website tidak terasa karena kapasitas web hosting kita yang masih besar. Tetapi masalah kapasitas akan muncul kalau website online kita sudah berumur panjang dan banyak file yang harus kita upload. Untuk kasus seperti ini, trik kita adalah dengan memanfaatkan situs penyimpanan gratis yang banyak kita temukan di internet.

Pada artikel sebelumnya tentang Membuat GMail dengan domain sendiri sebetulnya juga salah satu cara menghemat kapasitas web hosting kita. Lagi-lagi Google. Ya, Google juga menyediakan fasilitas penyimpanan file secara gratis, baik file yang berekstensi docx, pptx, pdf ataupun image. Kenapa Google lagi? Because We Love Google. Ada banyak media penyimpanan gratis di internet, tapi yang akan kita bahas di sini hanya seputar Google.

Beberapa layanan gratis dari Google, diantaranya:

  • Googlecode, Media yang bisa dipakai untuk penyimpanan file
  • Google Photos, media yang bisa dipakai untuk penyimpanan gambar dan foto

Problem kapasitas hosting yang kecil terselesaikan, kita tinggal membuat link ke media penyimpanan tersebut untuk ditampilkan di website. Contoh yang sudah ada adalah blog UKM Cerdas Online dan UKM Cerdas self hosting. File yang berupa gambar dan dokumen diletakan di Google dan kita membuat link untuk ditampilkan. Sedikit artikel Cara menghemat kapasitas web hosting, kami yakin teman-teman di dunia internet banyak yang sudah berpengalaman dan lebih tahu tentang media penyimpanan gratis di internet yang bisa dimanfaatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*